Menu

Play Video

Pertemuan Bilateral Indonesia – Vietnam, Jokowi Teken 3 MoU

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyambut langsung kunjungan Presiden Republik Sosialis Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (22/12/22).

 

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi menyepakati tiga nota kesepahaman, atau Memorandum of Understanding (MoU).

 

“Indonesia dan Vietnam menyepakati sejumlah nota kesepahaman dalam pertemuan bilateral tadi,” tulis Presiden Jokowi, lewat akun instagram @jokowi.

 

“Tiga MoU tersebut yaitu mengenai kerja sama energi dan sumber daya mineral, kerja sama penanggulangan terorisme, dan kerja sama pemberantasan perdagangan ilegal narkotika,” tambahnya.

 

Presiden Nguyen sendiri, tiba bersama rombongan di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Presiden Nguyen turut diiringi oleh Pasukan Satria Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

 

Usai disambut Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan melakukan upacara penyambutan resmi dan memperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

 

Setelah diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

 

Presiden Jokowi juga mengapresiasi, kepercayaan Pemerintah Vietnam dalam menerima iklim investasi dari Indonesia. Di negara dengan julukan ‘Naga Biru’ tersebut, terdapat 101 proyek asal Indonesia yang menggerakkan roda perekonomian di sana.

 

“Saya juga mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Vietnam kepada Perusahaan Indonesia untuk berinvestasi di Vietnam. Akumulasi investasi Indonesia di Vietnam mencapai lebih dari US$ 600 Juta, dalam 101 proyek,” tegas Presiden Jokowi.

 

Hal-hal lain pun juga dibahas oleh keduanya dalam pertemuan bilateral tersebut. Mulai dari pembukaan ruten penerbangan baru, garis batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), hingga hal lain yang menyangkut peningkatan kemitraan strategis.

 

“Saya meminta perhatian, terhadap masih terhambatnya produk pertanian dan buah-buahan Indonesia untuk masuk ke Pasar Vietnam,” tutup Presiden Jokowi.
(Abdul)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

DPR Dorong RUU Energi Baru dan Terbarukan

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – DPR terus mendorong Rancangan Undang-Undang (RUU) energi baru dan terbarukan. Pasalnya, UU tersebut bakal menjadi pondasi utama untuk transisi energi ke yang

Kecamatan Kota Medan Tangani Tunawisma Jalanan

MEDAN, BEENEWS.CO.ID – Wali Kota Medan Bobby Nasution rutin menginstruksikan kepada seluruh jajaran termasuk kecamatan di Kota Medan untuk gerak cepat dalam menangani laporan dan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha