Menu

Play Video

Rumah Bhinneka Surabaya Upaya Ciptakan Sikap Toleransi

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah kota Surabaya tengah mempersiapkan rumah Bhinneka. Bangunan ini diharapkan dapat mencegah sikap intoleran dan radikalisme sehingga dapat menyatukan seluruh masyarakat, lintas suku dan agama.

 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ingin terus mempertahankan bahkan meningkatkan peringkat Surabaya menjadi kota toleransi nomor 6 di Indonesia dan peringkat 1 di Jawa timur.

 

Menurutnya toleransi dan pluralisme harus dijunjung tinggi. Seluruh suku, ras, dan agama yang tinggal berdampingan harus saling menghormati.

 

Dengan adanya rumah Bhinneka setiap menjelang hari besar keagamaan, kenyamanan dan keamanan tetap terjaga.

 

“Betapa indahnya Natal kita ada di sana semua menjaga. Sama dengan Idul Fitri, Idul Adha, atau agama apa pun lainnya. Ini yang ingin saya wujudkan, harus bisa. Karena masyarakat Surabaya luar biasa,” ujar Eri, Senin (19/12/2022).

 

“Sehingga sejak awal anak cucu kita itu tahu, sehingga tidak ada lagi namanya intoleransi, tidak ada lagi namanya radikalisme. Yah ini cara menghilangkan (intoleransi) dengan ini. Dengan saling menghormati agama satu dengan yang lainnya, menghormati suku satu dengan lainnya,” tambahnya.

 

Rencananya rumah Bhinneka masih dirahasiakan dan dipersiapkan, namun dia memastikan bahwa bangunan tersebut sedang diperbaiki.

 

Sebelumnya dia mengaku bahwa pendirian bangunan tersebut sudah dibahas dan disepakati seluruh tokoh agama dan suku yang ada di kota Surabaya.

 

“Kita (sepakat) nanti akan membentuk Rumah Bhinneka yang terdiri dari semua tokoh lintas agama dan lintas suku,” ujarnya.
(Jeni)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Gempa 5,7 Magnitudo Guncang Banten

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Gempa bermagnitudo 5,7 mengguncang Banten, Minggu (25/2/2024) pukul 20.07 WIB.   Dari akun resmi BMKG, pusat gempa berada di 85 km Barat

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha