Menu

Play Video

Surabaya Smart City Roadshow 2022 Hadirkan Wisata Kampung

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Surabaya Smart City (SSC) 2022 digelar di Taman Listia, Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Roadshow keempat SSC 2022 yang dilaksanakan pada Jum’at (16/12/2022) ini diikuti empat kecamatan di wilayah Surabaya Pusat. Yakni, Kecamatan Bubutan, Simokerto, Genteng, dan Tegalsari.

 

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, bahwa Surabaya Smart City 2022 bukanlah persaingan antar kampung. Namun program ini bertujuan agar masyarakat dapat terus bergerak menciptakan kebaikan-kebaikan di kampung, kebersihan lingkungan, menggerakan ekonomi kerakyatan maupun keamanan dan kenyamanan di wilayahnya.

 

“Lomba Smart City ini jangan dibuat persaingan, tapi tunjukkan siapa yang terbaik. Siapa yang terbaik nanti memberikan cara mengajari tempat lainnya untuk menggerakkan kampungnya. Akhirnya apa? Semua kampung menjadi kekuatan yang besar, karena kota ini tidak akan pernah menjadi besar kalau kampungnya tidak besar,” jelas Eri, Sabtu (17/12/2022).

 

Ia bersyukur SSC tidak hanya menggerakkan masyarakat agar lebih peduli dengan kampungnya, namun juga mampu menggerakkan sektor ekonomi usaha mikro, tingkat kecil, dan menengah (UMKM) Surabaya.

 

Menurutnya, hingga saat ini semakin banyak kampung di Kota Surabaya, yang mengikuti program SSC.

 

“Bahkan ada usulan kalau sudah smart city (kota pintar), tidak perlu ikut smart city lagi, tapi diadakan lomba kampung wisata. Nah, ini akan menjadi pertimbangan kami. Jadi tahun depan ada kampung wisatanya. Seluruh pemenang smart city akan dilombakan lagi sebagai kampung wisata yang ada keguyubannya,” ucapnya.

 

Cak Eri berharap, ketika ke depan sudah terbentuk kampung-kampung wisata, maka juga dapat menunjukkan budaya Arek Suroboyo sehingga setiap pengunjung atau wisatawan juga bisa menginap di kampung tersebut.

 

Karena kebanyakan turis ingin mengetahui permainan tradisional dan ingin tahu rasanya menginap di perkampungan yang ada di Surabaya.

 

“Itu banyak disampaikan ketika ada turis datang ke Surabaya dengan kapal pesiar. Mereka mengatakan bagus-bagus kampung itu. Itu kampung bisa dijadikan tempat khusus jadi orang bisa menginap di sana,” katanya.

 

Ia juga menyampaikan bahwa nantinya kampung wisata ini tersebar di seluruh Surabaya dengan menonjolkan keunikan masing-masing wilayah.

 

“Kalau di Jambangan ada sawahnya berarti bisa menjadi kampung tani. Nanti di situ bisa dibuat kampung wisata sekaligus bertani, bagaimana mengerjakan pertaniannya, bagaimana memanen padi,” jelasnya.

 

Pemkot Surabaya memastikan akan memberikan dukungan kepada kampung wisata sama halnya dengan Program Padat Karya, yakni Pemkot menyiapkan lahan, kemudian masyarakat mengerjakan dan mendapatkan penghasilan.
(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha