Menu

Play Video

Roadshow Literasi ke 7 Titik, Asyikasyik Menyasar Taman Bacaan Masyarakat di Banjarbaru

BANJARBARU, BEENEWS.CO.ID – Asap mengepul dari mulutnya Chairil Anwar, penyair legenda Indonesia itu tengah duduk dengan Sapardi Djoko Damono di Kevin Cafe & Resto. Lelaki bertubuh kurus itu menyapa Sutardji Calzoum Bachri (Presiden Penyair Indonesia) yang tengah memainkan harmonika di atas meja bartender.

 

Begitulah cuplikan film dalam acara Peran Pesiar Literasi, Diskusi dan Nonton Bareng Film Alih Wahana yang digelar oleh Asyikasyik.com mengunjungi Komunitas Relawan Mengajar di lokasi Saung Little Hud-hud, pada Minggu (18/12/2022).

 

“Kegiatan hari ini dipandu oleh Devi Sarah, pada agenda kelima ini bersama Komunitas Relawan Mengajar (KRM). Jam 08.00 WITA pagi bersama anak-anak tentang pembelajaran literasi,” ucap Duta Baca Banjarbaru, Hudan Nur kepada Beenews.co.id.

 

Hudan menjelaskan, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM, Prodi Psikologi yang tujuannya untuk mendata para komunitas.

 

Sekalipun ada aktivitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ditempatnya milik Nurul Asmayani, pegiat literasi yang merupakan ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Kalimantan Selatan.

 

“Kebetulan juga, teman-teman relawan mengajar ini memiliki agenda pengajaran pada pagi itu,” ujarnya.

 

Hudan mengaku, menyerap banyak aspirasi dari masyarakat yang giat dalam menggerakan literasi. Dan sebagian, menurutnya banyak mempertanyakan bagaimana teknis dalam pemuatan karya di website Asyikasyik.com, sebuah kanal media anti-mainstream (alternatif) di Kalimantan Selatan.

 

“Ada tiga penanya, rata-rata mereka ingin mengetahui teknis pemuatan karya sastra. Beberapa dari mereka sudah memiliki karya antologi bersama atau bungai rampai,” ungkap Hudan.

 

Dan kunjungan terakhir nanti, Hudan menyampaikan ke TBM Keruing di wilayah Liang Anggang, Kota Banjarbaru. Setelahnya, dia bakal mengunjungi ke TBM Angkasa Teras Digital di wilayah Bandara Syamsudin Noor.

 

“Asyikasyik roadshow ke TBM yang terakhir ya dari 27 Taman Bacaan Masyarakat di Banjarbaru. Moga ke depannya bisa bertambah,” harapnya.

 

Sementara, Founder Asyikasyik.com Sandi Firly menjelaskan film itu upaya merefleksikan karya sastra lewat bentuk visual maka kini ditayangkan ke beberapa tempat.

 

Langkah itu, menurutnya agar mengedukasi bahwa kini karya sastra berupa teks dapat dialih wahanakan menjadi sebuah film.

 

“Cerpen ini akhirnya menjadi buku, dan ada sebanyak 15 kumpulan cerpen yang dimuat. Dan judul ‘Suatu Malam Ketika Puisi Tak Mampu Ia Tuliskan Lagi’ ini merupakan berlatar para tokoh penyair Indonesia yang berkumpul di sebuah kafe,” tandasnya.

(Rahim)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha