Menu

Play Video

Surabaya Akan Miliki Tempat Healing Baru

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Surabaya kembali akan menambah referensi taman yang bisa menjadi tempat berkumpul bersama teman, keluarga, atau sekedar mampir untuk melepas penat.

 

Pemerintah Kota Surabaya berencana akan membuka kembali Taman Surya yang berlokasi di area lingkungan Balai Kota untuk umum.

 

Dulunya, Taman Surya ini terkenal dengan pertunjukkan setiap malam tahun baru. Taman surya merupakan kawasan yang cocok untuk tempat berkumpulnya warga di akhir pekan.

 

Tujuan dari dibukanya kembali Taman Surya ini adalah karena pemerintah kota ingin lebih dekat dengan masyarakat.

 

“Balai Kota Surabaya adalah rumah rakyat. Nanti masyarakat bisa masuk kesini, kita kasih wifi, karena saya ingin pemerintah kota dekat dengan masyarakatnya,” ujar Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Selasa (13/12/2022).

 

Oleh karena itu, menjelang dibukanya kembali Taman Surya untuk publik, ia ingin ditata dulu. Hal-hal yang diperhatikan dan perlu ditata diantaranya adalah fasilitas tempat duduk, degradasi ketinggian pohon dan juga jenis tanaman yang akan ditanami, hingga fasilitas penerangan.

 

“Saya ingin buat taman yang nyaman. Ada kandang burung, kolam ikan, jadi warga bisa menikmati tidak hanya alun-alun Balai Pemuda, tapi juga Taman Surya. Kita kasih tempat duduk semuanya di pinggir taman,” jelasnya.

 

Menariknya, masyarakat bisa menikmati nuansa balai kota karena lobby balai kota nantinya akan terbuka untuk umum. Masyarakat semua kalangan bisa menikmatinya.

 

“Jadi, saya ingin betul masyarakat masuk ke balai kota ini seperti rumah rakyat, rumahnya mereka, rumah masyarakat Surabaya. Jadi masyarakat Surabaya dengan pemerintah kota juga dekat rasanya,” ujar Cak Eri.

 

Namun tentu saja sebelum masuk ke dalam lingkungan Balai Kota, pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu barang bawaannya untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

 

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad menjelaskan, penataan Taman Surya Balai Kota dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, berupa pengerjaan pembuatan sangkar burung dan kolam ikan.

 

“Tahap awal ini ada sangkar burung dan kolam ikan koi. Arahannya dijadikan tempat healing warga, mulai bulan Desember 2022 ini dikerjakan,” ujar Irvan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, yang diinginkan Walikota itu nanti anak-anak bisa bermain, olahraga, dan lansia juga bisa menikmati taman itu.

 

“Jadi nanti bisa untuk segala usia,” jelas Agus Hebi.

 

Pemerintah kota kedepannya ingin Taman Surya diisi dengan tanaman bunga-bunga berwarna supaya memberikan aksen bergaya Eropa.

 

“Ada bunga ngumpul kuning, hijau, merah, jadi tidak terlalu banyak pohon pelindungnya. Tetapi warna-warna (tanaman) yang diperbanyak dan kenyamanannya,” pungkasnya.

(Jeni)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

DPR Minta Pemerintah Kembali Bentuk BATAN

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah membentuk kembali Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Mulyanto menilai pembentukan badan tersebut diperlukan, karena

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha