Menu

Play Video

Indonesia Akan Gelar Festival Dangdut Internasional

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Pecinta musik dangdut di Tanah Air tentunya pasti akan bangga. Pasalnya, Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) memiliki gagasan untuk menggelar Festival Dangdut Internasional pada Tahun 2023.

 

“Kita mencoba menggagas ini, internasional dangdut festival karena ternyata dangdut bukan cuma berkembang di Indonesia,” terang Direktur Industri Kreatif, Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf, Amin Abdullah, seperti dikutip ANTARA, di Jakarta.

 

Lebih lanjut, Amin mengungkapkan, bahwa gagasan menggelar Festival Dangdut Berskala Internasional ini dicetuskan langsung oleh sang menteri, yakni Sandiaga Salahuddin Uno.

 

Yang mana keinginannya untuk menjadikan Musik Dangdut sebagai warisan budaya dunia, lewat salah satu organisasi internasional PBB, yang membidangi bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, yaitu Unesco (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

 

Tak dapat dipungkiri, Musik Dangdut telah menjadi satu bagian dalam keseharian masyarakat Indonesia.

 

Lebih lanjut Amin mengatakan, genre musik dangdut memiliki banyak penggemar di Indonesia dan sudah menjadi musik keseharian dari para warganya. Bahkan, daya tarik musik ini telah masuk ke berbagai festival musik non-dangdut, seperti Pesta Pora dan Synchronize yang berlangsung beberapa waktu lalu.

 

“Siapa yang mau membantah kalau ini punya banyak penggemar di Indonesia dan kalau bahasa budayanya, ini adalah sebuah musik yang dikonstruksi, yang dibentuk di Indonesia walaupun adonannya itu bersumber dari beberapa budaya dan genre,” tambah Amin.

 

Lebih lanjut, Amin juga menjelaskan, bahwa Musik Dangdut tidak hanya berkembang di wilayah Indonesia saja, namun juga di berbagai daerah rumpun Melayu seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina bagian selatan dan Thailand bagian selatan. Bahkan, musik ini juga cukup berkembang di wilayah Jepang dan Amerika.

 

Terlebih, Musik Dangdut sendiri memiliki ragam jenis yang berbeda-beda, seperti koplo, dangdut tradisional, rock dangdut, reggae dangdut, tarling, melayu dangdut hingga house dangdut. Sehingga dengan keberagaman tersebut diyakini akan membuat festival dangdut menjadi sesuatu yang unik.

 

“Jadi negara-negara itu kita harapkan bisa berkontribusi, dangdut di sana warnanya seperti apa, kalau itu jadi akan jadi sebuah festival yang unik. Jadi world music-nya dapat, kemudian industrinya juga dapat. Itu rencananya kalau usulan disetujui, akan dilaksanakan di Mandalika, di mana jadi tempat destinasi superprioritas,” tutup Amin.
(Abdul)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha