Menu

Play Video

Siap-siap, Rencanakan Keuangan Anda di Tahun 2023

BEENEWS.CO.ID – Bagi sebagian orang, tahun depan adalah tahun yang sulit jika membicarakan soal keuangan. Mengingat tahun 2023, baik pebisnis maupun karyawan sama-sama dibuat pusing dibawah bayang-bayang resesi.

 

Selain itu, kebutuhan hidup yang bertambah juga turut menjadi sebuah ketakutan apabila tidak bisa terpenuhi. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk merencanakan keuangan.

 

Seberapa besar pun penghasilan jika tidak pintar mengatur keauangan maka pasti akan cepat habis. Siapkan dana-dana tidak terduga yang mungkin saja akan kamu hadapi tahun depan.

 

Berikut kiat dalam merencanakan keuangan untuk mempersiapkan tahun depan.

 

  1. Buat list pengeluaran khusus. Dalam membuat list pengeluaran khusus saat merencanakan keuangan, kebutuhan sehari-hari bukanlah yang dimaksud sehingga tidak perlu dimasukkan.

 

Pada umumnya, setiap tahun akan selalu ada pengeluaran yang harus dibayarkan dan dipersiapkan diluar kebutuhan sehari-hari. Pengeluaran yang dimaksud adalah seperti membayar pendaftaran sekolah atau menyiapkan DP dana hunian impian.

 

  1. Cadangan dana dan investasi harus seimbang. Menunda investasi untuk tahun depan tidak ada salahnya. Mengingat adanya isu resesi yang akan datang di tahun 2023. Tentu saja, kamu akan membutuhkan cash lebih untuk bertahan disaat-saat seperti ini.

 

  1. Namun sebaiknya ketika membuat rencana keuangan untuk tahun depan yang walaupun akan mengalami ekonomi yang sulit, rasanya ada yang kurang jika alokasi tabungan atau investasi dikurangi. Setidaknya, dana untuk tabungan dan investasi harus tetap ada walaupun tidak sebesar tahun ini.

 

Hitung kemungkinan penurunan penghasilan. Tidak semua orang memiliki kemungkinan bahwa jumlah penghasilan mereka akan terus meningkat atau setidaknya tetap dari waktu ke waktu. Faktor seperti pensiun, PHK dan lainnnya bisa saja membuat pendapatanmu berkurang di tahun depan.

 

Supaya rencana keuangan sesuai dengan planning awal, bukan hanya pengeluaran yang harus diperhatikan tapi juga pemasukan. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila terjadi kemungkinan terburuk mengalami penurunan dalam pendapatan, kamu isa mengambil keputusan dengan mencari alternative pemasukan lainnya.

 

  1. Selesaikan urusan keuangan tahun ini. Apabila memiliki kemampuan, manfaatkan kesempatan untuk menyelesaikan beban keuangan yang ada di tahun ini. Alasannya supaya bebanmu tidak terlalu berat walaupun ekonomi tahun depan lesu.

 

Kamu bisa melunasi cicilan lebih cepat atau memangkas pengeluaran supaya bisa membayar utang lebih. Dengan menyelesaikan masalah keuangan di tahun ini, rasa cemas atau kewalahan mengahadapi ekonomi yang tidak menentu bisa berkurang.

 

  1. Evaluasi rencana keuangan 2 minggu sebulan. Dalam merencanakan apapun, mengevaluasi setiap rencana yang sudah ditulis itu wajib hukumnya. Rencana masa depan, rencana sehari-hari, rencana liburan tidak terkecuali dengan rencana keuangan.

 

Caranya adalah dengan cara mencocokan rencana keuangan yang sudah kamu buat dengan kondisi di lapangan. Jangan meremehkan evaluasi rencana keuangan, karena rencana keuangan yang berhasil dapat membuatmu melewati tahun depan dengan mulus.

 

Ingat jangan lupa membuat rencana keuangan ya!
(Jeni)

 

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Lewat Adu Penalti, Kroasia Pulangkan Jepang

BEENEWS.CO.ID – Tim Nasional (Timnas) Kroasia berhasil melangkah ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2022 di Qatar. Lewat adu penalti, Timnas Kroasia berhasil mengalahkan dan

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha