Menu

Play Video

Mencuri Perhatian Dunia! Ini 5 Fakta Maroko

BEENEWS.CO.ID – Maroko atau yang mendapatkan julukan Singa Atlas, kemarin (10/12/22) kembali menorehkan prestasi setelah berhasil mengalahkan raksasa sepakbola Spanyol.

 

Setelah mengalahkan tim Portugal, Maroko menyabet gelar sebagai negara benua Afrika pertama dan negara muslim pertama yang berhasil lolos ke babak semi-final pada perhelatan piala dunia 2022.

 

Kemampuan mereka kini sudah tidak diragukan lagi. Alhasil, negara ini menjadi sorotan dunia yang membuat orang ingin mengetahui banyak hal dan lebih dalam mengenai fakta-fakta tentang negara Maroko.

 

Berikut 5 rangkuman fakta negara Maroko yang menarik untuk disimak.

 

  1. Penduduk Islam hampir 99 persen. Ajaran islam tersebar dan tumbuh dengan pesat di Maroko. Diperkirakan ajaran Islam sampai di Maroko sejak tahun 683 Masehi, saat itu dibawa oleh seorang jenderal dari Dinasti Ummayah. Kabarnya, Maroko memiliki peran penting dalam menyebarkan agama Islam hingga ke Spanyol dan negara-negara yang ada di benua Eropa lainnya. Ada 99 persen pemeluk agama Islam di Maroko yang terdiri dari 98 persen muslim Sunni dan sisanya adalah muslim Syiah.

 

  1. Pemerintahan Monarki. Sistem pemerintahan Maroko berbentuk Monarki. Hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya Monarki yang masih berdiri di wilayah Afrika Utara. Raja maroko berkuasa atas Eksekutif dan Legislatif, komandan tinggi militer dan juga mengatur dalam urusan agama.

 

  1. Bahasa resmi. Maroko memiliki dua bahasa resmi yang menjadi identitas negara mereka. Bahasa tersebut adalah bahasa Amazigh dan bahasa Arab. Namun ternyata selain dua bahasa tersebut, Maroko juga memiliki bahasa asing yang cukup dominan yakni bahasa Perancis dan bahasa Spanyol.

 

  1. Memiliki 3 perayaan tahun baru. Pertama, tahun baru yang pada umumnya jatuh pada tanggal 1 Januari. Kedua, tahun baru Islam atau yang sering disebut Higgrea. Tahun baru ini dirayakan di hari pertama bulan Muharram dan yang terakhir Ada. Ketiga, tahun baru Amazigh. Tahun baru ini dirayakan pada hari pertama dalam kalender pertanian yang digunakan untuk menandakan permulaan musim panen.

 

  1. Negara matahari terbenam. Maroko juga sering disebut sebagai negara Matahari Terbenam. Alasannya karena Maroko terletak di paling barat wilayah Afrika Utara dan berada di luar Mesir yang berbatasan langsung dengan laut Mediterania.
    (Jeni)

 

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha