Menu

Play Video

Fadli Zon Dorong Peranan Parlemen dalam Pemberantasan Korupsi

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyoroti fenomena korupsi, pencucian uang, dan penipuan finansial yang marak beraksi di dunia siber yang memanfaatkan teknologi informasi.

 

Fadli menganggap fenomena ini telah melemahkan demokrasi dan supremasi hukum. Karena itu, ia mengajak untuk memperkuat peran parlemen dalam pemberantasan korupsi.

 

“Dalam hal ini parlemen merupakan inti dari pemberantasan korupsi melalui fungsi legislasi dan fungsi pengawasan. Peningkatan kapasitas untuk memerangi korupsi juga harus diperkuat,” tegas Fadli dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

 

Dunia siber dan korupsi saat ini, dinilainya, tidak memiliki batasan dan tidak ada negara yang kebal dari masalah tersebut. Politisi Fraksi Partai Gerindra itu pun mengingatkan akan tanggung jawab dari parlemen global untuk memastikan bahwa kerja sama internasional dapat berkontribusi untuk menegakkan mekanisme yang memadai untuk memastikan pengawasan, transparansi, dan akuntabilitas yang dilakukan pemerintah.

 

“Pada tahun 2021, Kami (anggota parlemen dunia) berkesempatan untuk mengadakan Audiensi 2021 bersama dengan anggota parlemen, diplomat, perwakilan dari masyarakat sipil, dan para ahli, melalui the United Nations General Assembly Session against Corruption (UNGASS) yang menitikberatkan pada upaya pemberantasan korupsi untuk mengembalikan kepercayaan kepada pemerintah dan meningkatkan prospek pembangunan,” terangnya.

 

Legislator dapil Jawa Barat V itu meyakini bahwasanya forum diskusi yang melibatkan parlemen dunia merupakan salah satu suatu upaya global dalam peningkatan kerja sama internasional. Hal itu untuk meningkatkan  transparansi dan meningkatkan kepercayaan pada masyarakat.

(Fakhry)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Disbudpar Jatim Luncurkan Kalender Wisata 2023

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan Kalender Wisata Jatim 2023 di Pakuwon Imperial Ballroom Surabaya, Kamis (15/12/2022).   Acara

Angka Kemiskinan di Kota Semarang Meningkat

SEMARANG, BEENEWS.CO.ID – Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, mengatakan angka kemiskinan di Kota Semarang naik dari 3,9 persen menjadi 4,5 persen.   Kenaikan angka

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha