Menu

Play Video

Bupati Tangerang Buka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

TANGERANG, BEENEWS.CO.ID – Bupati Tangerang Ahmed Zaky Iskandar, membuka Workshop Evaluasi Keuangan dan Pembangunan Desa yang diikuti oleh Kepala Bappeda, Inspektorat, para Kepala Dinas, seluruh Camat dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Tangerang, Rabu (7/12/2022).

 

Dalam workshop ini ada empat point yang disampaikan dan dipaparkan oleh para narasumber.

 

Yang pertama, Mekanisme penyaluran dana desa tahun anggaran 2022 oleh Kepala KPPN Kementrian Keuangan Kabupaten Tangerang Adi Nugroho, kedua Monitoring penyaluran dan penggunaan dana desa tahun 2022 oleh Assisten Deputi PMKS Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Mustikorini Indrijatiningrum, ketiga Kolaborasi pengawasan pengelolaan keuangan, pembangunan dan aset dalam mengatasi tingkat kemiskinan, serta meningkatkan kemandirian desa oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten R. Bimo Gunung Abdulkadir, dan yang keempat Peran DPR RI terhadap pembangunan desa khususnya dalam pemulihan perekonomian desa oleh H.Andi Achmad Dara Anggota DPR RI Komisi XI.

 

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendorong agar pengelolaan dana desa dapat lebih transparan dan akuntabel, disamping untuk memperoleh informasi mengenai pengelolaan dana desa dan pemanfaatan hasil pembangunan desa, baik pada tingkat kabupaten maupun tingkat desa serta pemanfaatan hasil penggunaan dana desa.

 

Dan yang menjadi perhatian para narasumber adalah bagaimana pengelolaan dana desa yang setiap tahun dikucurkan pemerintah pusat telah sesuai dengan tujuannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Pada kesempatan ini, Inspektorat Kabupaten Tangerang Tini Wartini menyampaikan, bahwa dengan adanya kegiatan evaluasi pengelolaan dan pembangunan desa, diharapkan bisa menjadi satu langkah nyata bahwa keseriusan dalam upaya menguatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan desa yang akuntabel sebagai satu aksi nyata bukan sebatas wacana semata.

 

Sementara itu, Sekretaris DPMPD Kabupaten Tangerang Yudiana, selaku moderator menyampaikan bahwa antusiasme peserta dari 29 kecamatan dan 246 desa se-Kabupaten Tangerang sangat tinggi. Hal ini menunjukkan harapan baik atas efektivitas pengelolaan dana desa yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

Anggota DPR RI H.Andi Achmad Dara mengatakan, Komisi XI yang menangani tiga bidang yaitu keuangan, perencanaan pembangunan nasional dan perbankan bersama 13 mitra kerjanya sangat mendukung program workshop yang akan dilaksanakan di setiap kabupaten di wilayah Provinsi Banten ini.

 

Diharapkan dari workshop ini, tekad dan harapan atas penggunaan dana desa yang transparan dan akuntabel harus didukung dengan kapabilitas aparatur desa yang efektif. Serta dibutuhkan pembinaan, pelatihan, pengawasan dan evaluasi secara berkelanjutan kepada aparat desa. Semua itu harus dibangun dengan nilai-nilai profesional, kejujuran dan integritas.

(Julaeni)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Jokowi Tegaskan Tidak Turun Kampanye Pemilu 2024

JAKARTA, BEENEWS.CO.ID – Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan ikut berkampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penegasan itu menanggapi kabar yang mengatakan dia bakal ikut

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha