Menu

Play Video

Bupati Halikinnor Minta Desa Kembangkan Bumdes

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Dihadapan ratusan kepala desa, pendamping desa dan BPD yang mengikuti kegiatan penyuluhan pengelolaan keuangan desa, Rabu (7/12/2022), Bupati Kotim Halikinnor meminta setiap desa yang ada di wilayah Kotim untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

 

Karena sejauh ini hanya ada beberapa desa yang berhasil mengembangkan BUMDES tersebut.

 

“Selain kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memikirkan bagaimana desa memiliki pendapatan asli, saya juga berharap kepala desa bisa mengembangkan BUMDES,” ucap Halikin.

 

Menurutnya, masih ada saja desa yang belum mengembangkan BUMDES, padahal keberadaannya dapat mendorong kemajuan perekonomian di desa, atau alternatifnya pengembangan BUMDES itu bisa juga dilakukan bekerjasama dengan desa lainnya.

 

“Dengan mengembangkan BUMDES desa dapat mempunyai usaha baru, sehingga bisa meningkatkan perekonomian,” kata Halikin.

 

Pada kesempatan yang sama, Plt Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotim Sutimin menyebutkan, dari 168 Desa yang sudah membentuk BUMDES ada 153  dan belum membentuk ada 15 desa.

 

“Dan yang sudah mendapat sertifikasi badan hukum ada 7 desa, yaitu Desa Camba Kecamatan Kota Besi, Desa Bapeang Kecamatan Memtawa Baru Ketapang, Desa Jemaras dan Desa Cempaka Mulia Timur Kecamatan Cempaga, Desa Bukit Batu Kecamatan Cempaga Hulu, Desa Terantang Kecamatan Seranau serta Desa Serambut Kecamatan Pulau Hanaut. Kemudian BUMDES bersama ada 5 kecamatan, yaitu Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Pulau Hanaut, Parenggean dan Telawang,” jelas Sutimin.

 

“Kami akan terus melakukan pendampingan dan mendorong agar desa yang belum mengembangkan BUMDES pada tahun 2023 nanti sudah bisa berjalan,” pungkasnya.

(Tbk)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Mencuri Perhatian Dunia! Ini 5 Fakta Maroko

BEENEWS.CO.ID – Maroko atau yang mendapatkan julukan Singa Atlas, kemarin (10/12/22) kembali menorehkan prestasi setelah berhasil mengalahkan raksasa sepakbola Spanyol.   Setelah mengalahkan tim Portugal,

Cegah Aksi Begal dengan Peran Serta Masyarakat

Keterangan foto: Kapolres Kotim AKBP Sarpani saat memberikan keterangan, Selasa (14/05/2024).   KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Dalam beberapa waktu terakhir masyarakat mengaku menjadi korban aksi begal

Dinasti Politik di Era Milineal

Gunanto Surjono Ahli Peneliti Utama Emeritus Bidang Sosial BRIN (d/h LIPI)   Istilah dinasti politik kini mulai ramai dibicarakan orang di Indonesia. Dinasti politik merupakan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha