Menu

Play Video

Bursa Kerja Assik Kota Surabaya Diserbu Ribuan Pelamar Kerja

SURABAYA, BEENEWS.CO.ID – Pemerintah Kota Surabaya menggelar Bursa Kerja Assik (Arek Suroboyo Siap Kerja) di Convention Hall Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Jawa Timur, pada 6-7 Desember 2022.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya Achmad Zaini mengatakan dalam Bursa Kerja Assik itu ada 1.318 lowongan pekerjaan dari 46 perusahaan di Surabaya.

 

“Semua lowongan kerja itu hanya khusus diperuntukkan bagi warga Kota Surabaya. Alhamdulillah peminatnya sangat luar biasa. Sejak dibuka pendaftarannya hingga sekitar pukul 10.00 WIB, sudah ada sekitar 3.000 pelamar yang masuk ke dalam aplikasi Assik kami. Angka ini kemungkinan akan terus bertambah,” kata Zaini.

 

Menurutnya, selain Pemkot Surabaya, bursa kerja juga bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya, UHW Perbanas, Apsilangga dan 46 perusahaan yang ada di Surabaya.

 

Ia juga menjelaskan tujuan utama dari pembukaan bursa kerja ini adalah untuk memberikan peluang kerja kepada warga Surabaya, sehingga angka pengangguran bisa terus ditekan, meskipun saat ini Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Surabaya sudah turun, dari 9,68 persen di tahun 2021 turun menjadi 7,62 persen di tahun 2022.

 

“Insya Allah ini akan semakin menurunkan angka pengangguran di Surabaya,” ucapnya.

 

Sementara itu, Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kota Surabaya Rini Indriyani mengatakan, acara ini terselenggara berkat kerja sama yang luar biasa, sehingga bisa menyediakan lowongan sebanyak 1.318 pekerjaan. Dia berharap lowongan sebanyak itu bisa terserap semuanya oleh warga Surabaya.

 

“Kalau misalnya belum diterima, jangan putus asa dan harus tetap semangat, mungkin ada porsi yang lainnya, karena rezeki itu sudah diatur oleh Allah,” kata Rini.

 

Menurutnya, dengan adanya banyak lowongan pekerjaan ini, pihaknya berharap dapat mengurangi lagi angka pengangguran di Surabaya. Meskipun saat ini, pengangguran di Kota Surabaya sudah berkurang.

 

Pada kesempatan yang sama Ketua Dharma Wanita Persatuan Surabaya Shinta Setia mengatakan, acara yang digelar untuk memperingati HUT ke-23 Dharma Wanita ini menjadi momentum bagi ibu-ibu Dharma Wanita untuk mengantarkan anak-anak Surabaya menuju dunia kerja.

 

“Jadi, para perempuan itu tidak boleh berhenti setelah anaknya lulus sekolah atau kuliah, tapi harus terus mendorong putra putrinya dan mengantarkan anak-anaknya hingga ke dunia kerja, supaya anak-anak ini bisa mandiri dalam ekonomi,” kata dia.

 

“Karena itu, acara ini juga bekerja sama dengan Alumni Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Apsilangga) untuk mengetes kepribadian anak-anak itu dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihannya, sehingga ketika sudah terjun ke dunia kerja, mereka semua sudah siap dan matang,” tandas Shinta.

(Jeni)

Play Video
WhatsApp Image 2024-06-15 at 14.24.22
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Aliran Bantuan Deras ke Turki, Suriah Terlupakan

BEENEWS.CO.ID – Pasca gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/02/2023), yang menewaskan lebih dari 11.000 jiwa, Turki telah menerima kucuran bantuan

Berita Populer Bulan Ini

graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha