Menu

Play Video

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Status Naik Jadi Awas

JATIM, BEENEWS.CO.ID – Gunung Semeru di Jawa Timur, kembali meletus dan mengeluarkan gumpalan awan raksasa. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun telah menaikkan status Gunung Semeru, dari Level 3 atau Siaga, menjadi Level 4 atau Awas.

 

“Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB,” ujar Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangannya.

 

Hingga kini, Selasa (06/12/22), gunung api yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur tersebut juga masih mengalami erupsi.

 

Gunung tersebut terlihat mengeluarkan abu sejauh kurang lebih 300 meter di atas puncak, dan kurang lebih 4.076 meter di atas permukaan laut. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 73 detik.

 

“Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak,” tambah Petugas PVMBG, Mukdas Sofian.

 

Warga pun telah diimbau, untuk tetap tidak mendekat dan melakukan aktivitas di sektor tenggara, di sepanjang Besuk Kobokan, atau sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi).

 

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas 500 meter dari tepi sungai (Sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

 

Sebelumnya, pada Senin (05/12/22) pukul 21.50 WIB, puncak Gunung Semeru terpantau mengeluarkan lava pijar yang menyala kemerahan. Pemandangan itu terpotret dalam kamera CCTV Pos Pantau Semeru milik BPBD.

(Abdul Cholik)

Play Video
Play Video
Play Video

Bukan HOAX Share Yuk!!!

Bagikan berita kepada kerabat dan teman di chat atau sosial media!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

Geger Buaya besar Muncul di Sungai Sepihan Samuda

KOTIM, BEENEWS.CO.ID – Warga digegerkan kemunculan buaya berukuran besar di Kabupaten Kotawaringin Timur, tepatnya di wilayah Selatan yakni di perairan Sungai Sapihan, cabang Sapihan Kecil,

Angka Kemiskinan di Kota Solo Turun 2.850 Jiwa

SOLO, BEENEWS.CO.ID – Tahun 2022 sepertinya memang waktu yang tepat untuk pembuktian Gibran Rakabuming Raka dalam mengelola dan membangun Kota Solo.   Gibran menunjukan dirinya

Berita Populer Bulan Ini

Ads Side Res 3 - Roti Syantek
graha pramuka
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
WhatsApp Image 2024-05-21 at 15.45.34
graha pramuka
graha
graha pelantaran
graha pelantaran
graha